Pages

[Resep] Salad Ubur-Ubur Selera Pedas

Salad ubur-ubur adalah sejenis kudapan semacam salad yang terbuat dari ubur-ubur. Iya, ubur-ubur. Untuk masyarakat yang tinggal di daerah pesisir, mungkin kudapan ini sudah biasa. Tapi buat kebanyakan orang, makanan ini terdengar agak asing. Apakah rasanya juga asing? Hmm..

Selama ada bahan dasarnya (ubur-ubur), insyaallah bisa dicoba kok. Untuk kali ini, saya bagi resep salad ubur-ubur yang pernah saya coba saja dulu, ya, yaitu yang selera pedas. Soalnya resep salad ubur-ubur ada banyak versi dan belum sempat dicoba semua. Penasaran? Saya mulai yaa..

[Resep] Salad Ubur-Ubur
Salad ubur-ubur selera pedas, yummy..

Bahan 

Ubur-ubur yang sudah direndam selama 2 hari, potong agak tebal. Diebus boleh, tidak direbus juga boleh (tergantung selera).

Bisa juga ditambahkan wortel atau zukini (mentimun jepang) yang dipotong korek api, tapi karena kedua bahan tersebut tidak tersedia waktu saya mencoba, jadi tidak ada di foto ya.. 

Bumbu

Bawang merah, iris kasar atau potong dadu
Cabai rawit, secukupnya, iris kasar
Paprika, potong dadu
Air perasan jeruk sambal atau jeruk nipis
Garam
Gula

Hati-hati!
Jangan menggunakan cabai rawit terlalu banyak, ya, karena rasa pedasnya akan keluar selama proses pembuatan. Kalau kebanyakan cabai nanti jadi sangat pedas dan malah bikin sakit perut.

Cara Membuat

- Aduk semua bumbu hingga merata. Cicip rasa asam, asin, dan manis dari bumbu, lalu masukkan bahan.
- Tutup wadah. Masukkan campuran tersebut ke dalam kulkas agar bumbu lebih menyerap ke dalam ubur-ubur selama minimal 10 menit.

Cara Menyajikan

- Ambil salad sesuai keinginan ke dalam mangkuk. 
- Taburkan biji wijen kalau suka. 
- Salad ubur-ubur siap dinikmati. 

Bagaimana, mudah kan? ^^

FYI. Sisa salad masih dapat disimpan dan dinikmati di jam makan berikutnya, lho. Rasa salad ubur-ubur ini asam, pedas, dan segar; sangat cocok untuk dinikmati di saat cuaca panas atau ketika sedang santai di tepi pantai. Cihuy pokoknya. 

[Resep] Salad Ubur-Ubur

0 comments:

Posting Komentar