Pages

[Resep] Kue Talam Belaok

Talam belaok adalah sejenis kue jajanan pasar tradisional Kalimantan Barat yang memiliki cita rasa gurih. Nama talam belaok adalah sebutan oleh masyarakat Melayu Sambas. Di Pontianak, kue tradisional ini lebih dikenal dengan nama gandus

Resep talam belaok atau gandus
Kue talam belaok atau kue gandus


Bahan yang digunakan

Adonan:

Tepung beras dan air perasan santan kelapa segar dengan perbandingan 1 : 2,5. 
*jika ingin mengolah sebanyak 1 kg tepung beras, gunakan 2,5 kg air santan. Untuk 2 kg tepung beras, gunakan 5 kg air santan. Demikian seterusnya.
Garam secukupnya

Bahan taburan (topping):

Lobak manis
Wortel
Daun seledri
Udang ebi
Bawang putih cincang
Minyak sayur secukupnya
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Bubuk kaldu (opsional)

Sambal ebi (pelengkap):

Cabe rawit
Bawang putih
Udang ebi
Air perasan jeruk sambal
Garam
Gula

Alat yang perlu dipersiapkan

Wadah 
Panci
Dandang atau pengukus yang dipanaskan
Spatula
Loyang atau wadah tahan panas lain yang sudah dilumuri minyak
Kompor
Pisau
Talenan
Tusuk sate atau tusuk gigi


Cara Membuat

Adonan

- Larutkan tepung beras dengan sebagian air santan sampai benar-benar larut dan tidak ada kantong udara dan tepung yang menggumpal.

Cara membuat Kue Talam Belaok


- Sebagian air santan yang tidak digunakan untuk melarutkan, dipanaskan di atas api kecil sampai mendidih. Tambahkan sedikit garam untuk memberi rasa gurih.

Cara membuat Kue Talam Belaok


- Jika air santan sudah mendidih, segera tuangkan santan panas ke dalam wadah tepung beras cair. Lakukan proses ini dengan cepat selagi air santan masih mendidih. 

Cara membuat Kue Talam Belaok


- Setelah dicampurkan, adonan yang diproses dengan benar akan langsung mengental dan kaku. Jika tekstur seperti ini tidak didapatkan, adonan harus dipanaskan kembali di atas api kecil hingga mengental dan kaku.

- Masukkan adonan yang sudah kaku ke dalam loyang atau wadah tahan panas yang sudah diolesi minyak makan. Ratakan adonan setebal kurang lebih 2-3 cm.

Cara membuat Kue Talam Belaok


- Kukus dalam dandang atau panci pengukus yang sebelumnya sudah dipanaskan. Saat hampir matang, taburkan topping di atasnya.
* Lama pengukusan tergantung pada ketebalan adonan dan wadah yang digunakan. 
* Gunakan serbet untuk menahan uap air menetes ke permukaan kue.

Cara membuat Kue Talam Belaok

Taburan (topping)

- Cincang lobak manis, wortel, seledri, dan udang ebi. 

Cara membuat Kue Talam Belaok


- Tumis bawang putih dengan sedikit minyak. Masukkan wortel, lobak manis, udang ebi, dan seledri. Aduk sampai aromanya tercium harum. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Tambahkan kaldu jika perlu. Cicip. Jika sudah terasa pas, angkat. 

- Taburkan tumisan sayuran ke atas permukaan adonan saat adonan hampir matang. Kukus kembali sampai adonan benar-benar matang. Setelah matang, matikan api dan keluarkan cetakan dari dandang. 
* Untuk mengecek kematangan dapat dengan bantuan tusuk gigi atau tusuk sate

Cara membuat Kue Talam Belaok

Sambal ebi (pelengkap)

Haluskan cabe rawit, bawang putih, dan udang ebi. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Beri air perasan jeruk sambal secukupnya, aduk sampai garam dan gula larut. 

Cara Menikmati Kue Talam Belaok

Kue talam belaok tidak perlu dilepaskan dari cetakan kue seperti layaknya kue cake. Potong kue saat masih ada di dalam cetakan (lebih mudah dipotong saat dingin). Ambil sejumlah yang ingin disantap ke dalam piring atau mangkuk kecil, tuangkan sambal ebi, kue talam belaok siap untuk dinikmati. 


Kredit gambar: Momento Dulce

0 comments:

Posting Komentar