Pages

[Tips] Cara Oke Merebus Spaghetti

Merebus spaghetti sebenarnya gampang, tinggal rebus saja. Tapi untuk menghasilkan spaghetti yang kenyal dan gurih perlu sedikit trik khusus. Berikut ini beberapa trik yang bisa dilakukan untuk menghasilkan spaghetti yang oke.

[Tips] Cara Oke Merebus Spaghetti
sumber gambar

- Siapkan air bersih ke dalam panci. Air sebaiknya dalam kuantitas banyak karena waktu perebusan spaghetti memakan waktu cukup lama.

- Selalu didihkan air terlebih dahulu sebelum memasukkan spaghetti kering.

- Tambahkan sedikit garam dan minyak sayur pada air rebusan. Kalau saya, saya menggunakan sekitar 1/2 sdt garam dan 1-2 sdm minyak untuk 1 panci air rebusan. Garam berfungsi untuk memberikan sedikit rasa gurih sedangkan minyak berguna untuk menjaga agar spaghetti yang sudah matang tidak menempel satu sama lain saat ditiriskan.

- Masukkan spaghetti ke dalam panci dengan cepat namun hati-hati. Cara terbaik adalah dengan cara menggenggam spaghetti dengan 2 tangan, masukkan salah satu ujung spaghetti ke dalam air, putar genggaman tangan berlawanan arah satu sama lain, lalu lepaskan spaghetti dari genggaman. Tekan-tekan ujung spagheti yang masih berada di atas air sampai terendam seluruhnya. Dengan cara ini spaghetti akan masak secara merata. 

- Perhatikan petunjuk pada kemasan karena tiap merk mungkin memiliki waktu perebusan spaghetti yang berbeda. Jadikan petunjuk tersebut sebagai patokan perkiraan waktu dalam merebus spaghetti tapi selalu pastikan kematangan dengan mencicip sedikit sejak beberapa saat sebelum perkiraan waktu yang tertera pada kemasan, apakah sudah sesuai dengan kematangan yang diharapkan atau belum. Kalau sudah, matikan api dan tiriskan. Tapi kalau belum, tambahkan beberapa menit dan cek lagi.

- Aduk-aduk sesekali secara perlahan untuk mencegah spaghetti melekat di dasar panci.

- Gunakan api sedang yang stabil.

- Selalu periksa kuantitas air rebusan di dalam panci. Jika air sudah kering namun spaghetti masih keras dan belum matang, tambahkan air panas.

- Untuk mempermudah proses penirisan, gunakan penjepit dan saringan. Penirisan yang baik dapat membuat spaghetti lebih tahan lama.

Begitulah beberapa tips memasak spaghetti yang biasa saya terapkan. Semoga bermanfaat yaa..


0 comments:

Posting Komentar